Ilmu Pengetahuan Alam

Ciri-ciri Makhluk Hidup
Ayam adalah salah satucontoh makhluk hidup. Mengapa ayam perlu makan? Pernahkah kamu melihat dua ekor anak ayam yang sedang berkejar-kejaran? Mengapa anak-anak ayam dapat tumbuh menjadi besar? Peristiwa-peristiwa tersebut menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup. Ciri-ciri tersebut antara lain perlu makan, dapat bergerak, dapat tumbuh, mempunyai keturunan, dan bernapas. Agar lebih memahaminya, mari kita pelajari satu per satu ciri-ciri tersebut.

1. Makhluk Hidup Memerlukan Makan
Mengapa kita harus makan setiap hari? Apa fungsi makanan tersebut bagi tubuh kita? Melalui makanan, makhluk hidup memperoleh tenaga. Di samping itu zat makanan yang telah kita makan digunakan untuk tumbuh, bergerak dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Makanan makhluk hidup bermacam-macam. Jenis makan bergantung pada jenis makhluk hidup yang memakannya. Setelah mempelajari makanan hewan, kita akan mempelajari makanan tumbuhan. Tumbuhan umumnya dapat membuat makanannya sendiri. Makanan tumbuhan berupa karbohidrat.
Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dinamakan fotosintesis. Tumbuhan mengubah karbondioksida, air, serta zat hara menjadi karbohidrat. Fotosintesis dapat berlangsung dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan memperoleh karbondioksida dari udara. Zat hara diperoleh tumbuhan dari dalam tanah. Air diperoleh tumbuhan selain dari udara juga dari dalam tanah, dan air hujan.

2. Makhluk Hidup Bergerak dengan Berbagai Cara
Dengan bergerak maka manusia dan hewan dapat berlari, melompat, berjalan. Gerakan lebih beragam dibandingkan dengan gerakan manusia dan tumbuhan. Tumbuhan hanya dapat bergerak di tempat dan tidak dapat berpindah tempat. Hewan dapat bergerak dan berpindah tempat. Hewan bergerak menggunakan kaki, tangan, perut, sayap, dan sirip. Makhluk hidup bergerak karena adanya rangsangan. Tujuan makhluk hidup bergerak bermacam-macam. Ada yang bergerak dengan tujuan untuk memperoleh makanan. Ada pula yang bertujuan untuk menghindari musuh.

3. Makhluk Hidup Mempunyai Keturunan
Hewan, tumbuhan, dan manusia selalu ada dan bertambah banyak. Hal itu disebabkan oleh adanya kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan. Dengan menghasilkan keturunanyang sejenis, maka makhluk hidup dapat terus melestarikan jenisnya. Kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan disebut berkembang biak. Cara perkembangbiakan makhluk hidup bermacam-macam. Manusia berkembang bial secara melahirkan, ayam berkembang biak secara bertelur, dan tumbuhan berkembang biak dengan cara setek.

4. Makhluk Hidup Bernapas
Bernapas artinya menghirup udara segar dan menghembuskan udara kotor. Udara yang segar baik untuk pernapasan. Sebab udara yang segar banyak mengandung oksigen. Sewaktu bernapas, kamu menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Di dalam tubuh makhluk hidup, oksigen digunakan untuk proses pembakaran makanan. Proses tersebut akan menghasilkan karbondioksida, tenaga, dan uap air. Tenaga inilah yang digunakan untuk bergerak, tumbuh, dan menghasilkan keturunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s