Pendidikan Kewarganegaraan

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Negaran Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah Negara Kepulauan yang berciri nusantara. Indonesia adalah negara yang terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dan antara Benua Asia dan Benua Australia. NKRI terbagi atas daerah-daerah propinsi, dan daerah propinsi terbagi atas daerah kabupaten dan kota yang bersifat otonom. Daerah propinsi, daerah kabupaten dan kota berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Hal ini berdasarkan prakarsa sendiri dan aspirasi masyarakat. pada awal kemerdekaan wilayah NKRI, terbagai atas 8 daerah propinsi. Kemudian mengalami perkembangan dan sekarang wilayah NKRI terbagi dalam 34 propinsi. Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah waktu, yaitu :
1. Waktu Indonesia bagian barat (WIB), meliputi Pulau Jwa, Pulau Sumatera, Pulau Madura, dan Wilayah Kalimantan Barat.
2. Waktu Indonesia bagian tengah (WITA), meliputi Pulau Bali, wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, wilayah NTB, NTT.
3. Waktu Indonesia bagian timur (WIT) meliputi wilayah Maluku dan Papua.

Penduduk Indonesia dengan keanekaragaman suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Keadaan penduduk yang tersebar dipelosok nusantara akan mudah terpecah belah jika masih menonjolkan kepentingan suku, dan golongan oleh karena itu penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan dengan senantiasa berpegang pada semboyan bhinneka tunggal ika. Bhinneka Tunggal Ika berasal dari Bahasa Sansekerta, artinya walau berbeda-beda tetap satu jua. Meskipun kita berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda, tetapi tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Mengingat wilayah Indonesia sangat luas dan hidup beraneka ragam suku bangsa, budaya, bahasa, dan agama, maka keutuhan NKRI sangat rawan terpecah. Oleh karena itu harus ada rasa saling menghargai dan menghormati. Negara yang tidak terpecah-belah akan mudah mencapai tujuan nasionalnya. Rakyat yang mendiami wilayah negara tersebut akan merasa aman, nyaman, dan damai. Pembangunan akan berjalan lancar sehingga kesejahteraan rakyat akan meningkat. Dampak positif akan dirasakan oleh rakyat. Menjaga keutuhan NKRI membutuhkan pengorbanan jiwa dan raga. Banyak peristiwa kepahlawananyang mencerminkan semangat penuh pengorbanan untukmempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s